Laman

Selasa, 06 Januari 2015

Tips Pencegahan ISK

Tips Pencegahan ISK ~ Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada semua orang baik pria maupun wanita. Namun wanita lebih sering menderita infeksi saluran kemih dibanding pria. Hal ini disebabkan karena perbedaan anatomi tubuh pria dan wanita. Panjang uretra pada wanita lebih pendek daripada pria, selain itu muara uretra pada wanita juga terletak dekat anus. Sehingga bakteri dapat dengan mudah menjangkau saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Infeksi Saluran Kemih

Hubungan seksual mungkin juga menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih pada wanita, dikarenakan bakteri dan mikroorganisme dapat terdorong masuk ke uretra. Pemakaian diafragma (alat kontrasepsi pencegah kehamilan) sangat rentan menimbulkan infeksi karena diafragma mendorong uretra secara berlawanan dan membuat uretra lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih dengan sempurna. Sehingga urine atau air seni yang masih tersisa didalam kandung kemih lebih mungkin menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya baktri dan mikroorganisme lainnya yang menyebabkan infeksi.

Dibawah ini langkah-langkah pencegahan infeksi saluran kemih :
  1. Minumlah banyak air putih setiap hari
  2. Jangan sering menahan kencing, untuk perempuan saat membilas basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
  3. Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub
  4. Bersihkan alat kelamin saat akan berhubungan intim
  5. Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi uretra.
Mencegah lebih baik daripada mengobati !! Hanya itulah yang bisa saya sampaikan dalam artikel kali ini, semoga dapat membantu Anda. Salam sehat!

Baca Juga Artikel Tentang Obat Infeksi Saluran Kemih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar