Laman

Rabu, 18 Februari 2015

Kebiasaan Yang Menyebabkan Penyakit Jantung

Kebiasaan Yang Menyebabkan Penyakit Jantung ~ Jantung adalah organ vital dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh untuk membawa nutrisi dan oksigen. Penyakit jantung seringkali disebabkan karena faktor pola hidup yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan kerusakan jantung secara perlahan.


Faktor penyakit jantung seperti jantung bengkak, jantung koroner, jantung lemah, selain dari faktor genetik, sebenarnya adalah karena kebiasaan buruk sehari-hari yang kita lakukan. Berikut adalah 10 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan jantung anda:

1. Menonton TV terlalu lama dan sering : karena duduk terlalulama (apalagi sambil ngemil) dapat menyebabkan perubahan kadar gula dan lemak dalam darah, sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

2. Membiarkan stres dan depresi tidak teratasi : segeralah berkonsultasi dengan psikiater jika anda merasakan stres atau depresi, karena faktor mental sangat berperan dalam peningkatan tekanan darah anda. Tertawa dan bersosialiasilah untuk mencegah keadaan tersebut.

3. Kebiasaan mengorok aktif/pasif : mengorok bisa jadi merupakan tanda terjadinya penyempitan jalan nafas. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika anda sering mengorok (terutama jika sampai terbangun) segeralah konsultasi ke dokter.

4. Jarang sikat gigi : kuman dapat masuk lewat gigi yang berlubang dan dapat mengakibatkan infeki jantung.

5. Olahraga tidak teratur : berolahragalah yang teratur, mulai secara perlahan dan konsisten. Jangan memaksakan tubuh anda untuk berolahraga berat, namun tidak konsisten.

6. Mengkonsumsi minuman beralkohol : beberapa penelitian menyebutkan bahwa alkohol memiliki dampak baik bagi kesehatan anda (jika jumlah yang diminum sesuai), namun alkohol juga terbukti dapat meningkatkan tekanan darah anda. Jadi, lebih baik tidak mengkonsumsi alkohol kan?

7. Pola makan tidak sehat : makanlah secara teratur makanan dengan gizi yang seimbang. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan lemak seperti daging merah, dan perbanyak makan sayur dan buah. Jangan lupa untuk membatasi jumlah asupan garam anda.

8. Mengabaikan gejala penyakit : Jika anda merasa tidak sehat, jangan sungkan-sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin dini penyakit dideteksi, semakin mudah penyakit itu diobati.

9. Tidak patuh minum obat : tekanan darah sering disebut sebagai silent killer, oleh karena itu pengobatan yang dilakukan bukan sebatas untuk menghilangkan gejala, namun untuk menjaga agar tekanan darah anda tetap dalam batas normal. Jadi, jangan minum obat hanya saat anda merasa sakit, minumlah obat sesuai anjuran dokter.

Sekian duku pembahasan kali ini semoga dapat membantu bagi Anda yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung.

Baca juga artikel lainnya mengenai Obat Jantung Bengkak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar