Laman

Jumat, 13 Februari 2015

Kebiasaan Penyebab Gagal Jantung

Kebiasaan penyebab gagal jantung - Jantung merupakan salah satu organ terpenting di tubuh manusia. Jantung berperan dalam memompa darah dan menyediakan nutrisi untuk tubuh. Oleh sebab itu, menjaga jantung tetap sehat adalah suatu kewajiban.

Kebiasaan Penyebab Gagal Jantung


Gagal Jantung

Menjaga jantung tetap sehat bisa dimulai dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kesehatan jantung. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, diantaranya adalah :

1. Mengonsumsi Alkohol
Alkohol sering kali menjadi penyebab gangguan kesehatan, termasuk juga kesehatan jantung. Alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, di mana hal ini merupakan salah satu faktor risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, alkohol bisa menyebabkan pembesaran jantung dan membuat otot jantung lemah, yang pada akhirnya membuat jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif, dan ini dikenal sebagai gagal jantung.

2. Kurang olahraga
Jarang berolahraga meningkatkan potensi naiknya berat badan, dan kondisi ini berbahaya bagi jantung. Olahraga dapat membuat fungsi otak dan jantung kembali normal, serta membuat aliran darah dan oksigen semakin lancar.

3. Kurang tidur
Orang yang tidak cukup tidur akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa menyebabkan gangguan terhadap fungsi jantung. Gangguan tidur, yang juga bisa menyebabkan seseorang tidak mendapatkan cukup tidur, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

4. Makan berlebihan
Yayasan Jantung dan Stroke di Ontario, Kanada, menunjukkan bahwa makan berlebihan memiliki banyak konsekuensi yang serius terhadap kesehatan seperti penyakit jantung. Adapun dampak negatif dari makan berlebihan adalah refluks asam, kolesterol tinggi, hipertensi, dan asma, di mana beberapa diantaranya merupakan faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan jantung.

5. Mengonsumsi banyak garam
Makanan akan terasa hambar tanpa garam. Namun apabila anda sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, anda berada dalam risiko yang tinggi untuk mengalami darah tinggi. Hal ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan serangan jantung dan juga stroke.

6. Merokok
Merokok merupakan salah satu faktor terjadinya serangan jantung. Hal ini juga diperkuat dengan adanya peringatan pemerintah di setiap bungkus rokok yang mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Hampir 20 persen dari semua kematian akibat penyakit jantung di Amerika Serikat secara langsung berhubungan dengan kebiasaan merokok. Hal ini karena merokok merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Simak juga artikel lainnya mengenai Pengobatan Alami Gagal Jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar