Laman

Kamis, 01 Januari 2015

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) dapat terjadi akibat dari kebiasaan buruk seperti kurang konsumsi air putih dan sering menahan buang air kecil, dan masih banyak yang lainnya. ISK atau infeksi saluran kemih dapat mengenai semua orang, mulai dari bayi baru lahir sampai dengan orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.  ISK lebih sering ditemukan pada bayi atau anak kecil dibandingkan dengan dewasa.  Pada bayi sampai umur tiga bulan, ISK lebih sering pada laki-laki daripada perempuan, tetapi selanjutnya lebih sering pada perempuan daripada laki-laki.

Infeksi Saluran Kemih


Wanita lebih sering terkena ISK karena saluran kencing wanita lebih pendek dibanding pria. Ini menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih karena saluran kencing lebih dekat ke sumber bakteri seperti daerah dubur.

Pada wanita dengan seksualitas aktif, terdapat faktor lainnya untuk berkembang menjadi ISK, seperti penggunakan kontrasepsi diafragma (kondom wanita) dan metode seksual yang dilakukan. Pada wanita hamil, dapat lebih sering terkena ISK karena adanya perubahan hormonal dan perubahan dari posisi saluran kencing selama kehamilan.

Semakin tua seseorang, status imunnya akan semakin menurun. Maka, semakin mudah pula orang tersebut mengalami infeksi. Kaum geriatrik (lansia) dengan gangguan mood dan penurunan faal kognitif cenderung sulit merawat diri. Kebersihan tubuh terutama daerah genital kurang terjaga. Akibatnya, kuman mudah berkoloni di daerah tersebut sehingga terjadilah infeksi.

ISK dibagi menjadi 2 tipe yaitu tidak berkomplikasi (uncomplicated) dan berkomplikasi (complicated). ISK pada usia lanjut sebagian besar adalah ISK berkomplikasi. Pada usia diatas 65 tahun, ISK merupakan sebab dari 30% kasus bakteremia, dibandingkan dengan 16% pada usia dibawah 65 tahun.

Gejala Infeksi Saluran Kemih
  • Rasa nyeri sewaktu buang air kecil
  • Kencing keluar sedikit-sedikit (anyang-anyangen)
  • Sering kencing atau sulit menahan kencing
  • Darah didalam air kencing.
  • Rasa tidak nyaman di perut bagian bawah
  • Nyeri tekan perut bagian bawah
  • Air kencing tampak keruh dan / atau berbau
  • Panas, mual atau muntah
  • Kadang tanpa gejala.

Jika terdapat kecurigaan terhadap ISK, maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium, yaitu pemeriksaan urine rutin dan biakan.  Hasil pemeriksaan urinalisis dapat segera diketahui, sedangkan hasil biaksn memerlukan waktu satu minggu.

Itulah yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan semoga dapat membantu.

Baca Juga Artikel Mengenai Obat Infeksi Saluran Kemih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar